Tahukah Anda, Kelelawar Berkembang Biak Dengan Cara Apa?


Cara Berkembang Biak Kelelawar

Cara Berkembang Biak Kelelawar - Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan binatang bernama kelelawar. Binatang yang identik dengan kegelapan ini karena berkeliarannya di malam hari termasuk ke dalam ordo chiroptera. Kelelawar bisa dibilang adalah binatang yang unik karena kedua kaki depannya berkembang menjadi sayap.

Selain itu ketika terbang pada malam hari, kelelawar bukan mengandalkan pengelihatannya melainkan ia akan lebih mengandalkan suaranya untuk mengetahui objek didepannya. Kelelawar akan mengeluarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang tidak dapat didengar oleh manusia yaitu antara 25.000 sampai 50.000 Hz. Jadi ketika gelombang ini mengenai suatu benda maka akan dipantulkan kembali untuk kemudian ditangkap oleh telingga kelelawar yang berfungsi sebagai radar.

Tahukah anda berapa waktu yang dibutuhkan kelelawar untuk melakukan proses tersebut sehingga tahu benda yang didepannya, kemana arah dan kecepatannya? Kelelawar hanya perlu waktu sepersepuluh detik saja, cepat sekali bukan?

Ada banyak spesies atau jenis kelelawar yang hidup di dunia ini, diantaranya ada kelelawar hidung tabung (nyctimene rabori), kelelawar berkepala palu (hypsignathus monstrosus), kelelawar pemakan katak (trachops cirrhosus), kelelawar vampir (desmodus rotundus), kelelawar hantu (macroderma gigas), kelelawar bertopeng (sphaeronycteris toxophyllum), kelelawar chapin (chaerephon chapini), kelelawar pemancing (noctilio leporinus), kelelawar wajah keriput (centurio senex), kelelawar bertelinga besar (corynorhinus townsendii) dan masih banyak yang lainnya.

Cara hidup kelelawar ini umumnya adalah dengan berkoloni dan koloni mereka bisa menjadi sangat besar. Namun biasanya antara jantan dan betina akan tinggal terpisah kecuali kalau mereka sudah siap untuk kawin.

CARA BERKEMBANG BIAK KELELAWAR

Menurut anda kelelawar berkembang biak dengan cara bertelur atau beranak? Mungkin ada yang berpikiran mungkin kelelawar berkembang biak dengan cara bertelur karena ia bisa terbang. Namun ternyata cara berkembang biak kelelawar adalah dengan beranak atau melahirkan yang dalam bahasa ilmiahnya dinamakan vivivar.

Kelelawar biasanya melakukan kawin pada pagi hari, dimana sang jantan akan mengejar betina untuk bersenggama atau kopulasi yang berlangsung hanya sekitar 10-20 detik saja. Uniknya kelelawar betina bisa mengontrol sperma yang masuk apakah akan langsung dibuahi atau disimpan terlebih dahulu. Masa kehamilan kelelawar berlangsung antara 1,5 sampai 6 bulan tergantung dari jenis spesies kelelawarnya.

Kelelawar termasuk hewan mamalia yang unik karena bisa terbang, dan seperti kebanyakan hewan mamalia pada umumnya kelelawar ini juga menyusui. Dalam proses melahirkan, kelelawar akan lahiran sambil bergelantungan di pohon atau goa, sambil melahirkan kelelawar betina juga akan berusaha menjaga anaknya yang baru lahir agar tidak jatuh.

Tidak seperti manusia atau binatang mamalia lainnya yang kalau bayinya lahir kepala dulu yang keluar, kalau kelelawar tidak melainkan kaki belakang dan ekornya yang keluar dulu baru terakhir kepalanya. Anak kelelawar akan menempel di punggung induknya sampai ia bisa terbang sendiri.

Dalam pikiran kita tentu akan terasa sulit sekali bukan lahiran sambil bergelantungan? Tapi itulah salah satu keistimewaan kelelawar. Dan kelelawar ini mampu bertahan hidup sampai usia 20 tahuan tergantung dari kondisi habitatnya.

Karena seperti kita tahu saat ini banyak habitat asli kelelawar yang dirusak oleh manusia, sehingga mereka tidak bisa berkembang biak dan hidup secara normal. Kalau hal ini dibiarkan tentu akan mengancam populasi dan keberlangsungan hidup mamalia terbang ini. Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga ekosistemnya.

Baca juga : Ciri-ciri Hamster Hamil

Gimana, sekarang sudah tahukan kelelawar berkembang biak dengan cara apa? Ya, ia berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan, karena kelelawar temasuk hewan mamalia, dimana hewan mamalia pada umumnya adalah melahirkan dan menyusui. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda, terima kasih.