Ciri-ciri Hamster Hamil dan Cara Merawatnya


Ciri-ciri Hamster Hamil dan Cara Merawatnya

Ciri-ciri Hamster Hamil dan Cara Merawatnya - Jika anda punya sepasang hamster dan mereka sudah berumur sekitar 3-4 bulan, ada kemungkinan sang betinanya sudah hamil. Umur 3-4 bulan adalah umur yang produktif untuk hamster berkembang biak.

Tapi bagaimana anda bisa mengetahui bahwa hamster anda sedang hamil? Berikut adalah ciri-ciri yang bisa anda lihat pada hamster tersebut:
  • Pegang hamster, dan liat bagian perutnya. Jika terlihat jelas puting susunya, maka hamster anda kemungkinan besar sedang hamil.
  • Nafsu makannya bertambah. Ini dikarenakan si hamster selalu merasa lapar, mungkin karena dia perlu asupan yang cukup juga untuk calon bayinya.
  • Lebih agresif dan galak daripada biasanya. Jika anda hendak memegang hamster, dan dia melawan, atau bahkan hendak menggigit, maka dia mungkin saja sedang hamil.
  • Hamster yang sedang hamil akan sering menggali alas kandang. Jika anda menemukan hamster anda sering menggali alas kandangnya, maka dia sedang hamil. Menggali adalah cara dia untuk membuat sarang tempat nanti dia melahirkan.
  • Hal yang paling mudah dilihat adalah bentuk badannya yang berubah seperti buah pir, membesar di bagian perut.
Masa hamil hamster sekitar 20 hari. Jadi siapkan segala sesuatunya pada waktu 20 hari itu untuk kehamilan hamster anda. Selain ciri-ciri hamster hamil yang perlu anda ketahui, anda juga perlu tahu bagaimana cara merawat hamster yang sedang hamil tersebut, berikut adalah yang perlu anda lakukan :

1. Jangan Sering Dilihat.

Hamster yang sedang hamil akan mudah stress jika dia merasa terganggu. Usahakan agar jangan sering berdekatan dengan hamster anda dulu, kecuali jika akan memberinya makan saja.

2. Jangan Telat Memberi Makan.

Jika ini terjadi, apalagi hingga beberapa hari, maka kemungkinan hamster yang sedag hamil akan mengalami keguguran.

3. Siapkan Alas Kandang yang Lebih Tebal.

Hamster yang sedang hamil akan menggali sesuatu untuk tempat melahirkannya nanti. Untuk itu, siapkan alas kandang yang lebih tebal dari biasanya, agar dia merasa nyaman ketika melahirkan nanti.

Nah, itulah beberapa hal yang harus anda lakukan untuk perawatan hamster selama masa kehamilan. Jika hamster anda sudah melahirkan, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar si anak hamster yang baru lahir tidak cepat mati dan bisa tumbuh hingga dewasa.
  • Jangan sering dilihat, apalagi memegang-megang anaknya. Anda bisa memegang anaknya jika anaknya sudah mulai tumbuh bulu dan mulai bisa melihat, sekitar umur 3 minggu.
  • Tetap berikan makan yang cukup bagi sang induk. Jika tidak, sang induk akan menjadi kanibal dan memakan andaknya sendiri. Salah satu kematian yang sering terjadi pada anak hamster adalah karena anak itu dimakan oleh ibunya sendiri.
  • Jika si betina selalu bertengkar dengan si jantan, sebaiknya si jantan dipisahkan saja. Jika tidak, si jantan bisa tetap disatukan di satu kandang beserta si betina dan anak-anaknya.
Demikianlah pembahasan tentang ciri-ciri hamster hamil, berikut cara perawatan selama kehamilan serta bagaimana cara merawatnya setelah melahirkan, agar anak-anaknya tidak cepat mati dan bisa tumbuh sehat hingga besar.