Manfaat Terasi Untuk Perkutut yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Terasi Untuk Perkutut - Burung perkutut yang mempunyai nama latin Geopelia Striata, mungkin tak setenar seperti burung kicauan lain seperti cucak ijo, kacer, murai, kenari atau yang lainnya. Hal ini mungkin karena kicauan burung perkutut yang monoton, sehingga menjadikannya tidak banyak dipelihara oleh para kicau mania.

Namun hal tersebut bukan berarti burung perkutut ini sepi penggemar, karena tetap saja ada yang suka untuk memeliharanya. Di kalangan pecinta burung, secara garis besar burung perkutut ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu perkutut lokal dan perkutut bangkok.

Jenis perkutut bangkok ini biasanya yang mempunyai kicauan bagus dan banyak diminati. Untuk burung perkutut yang rajin berbunyi adalah perkutut jantan. Namun jika saat ini Anda sudah memelihara burung perkutut lokal tidak perlu berkecil hati, karena kita juga bisa membuatnya untuk rajin berbunyi dan gacor.


Lalu bagaimana caranya? Cara yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan terasi sebagai jamu atau makanannya. Yah, anda tidak salah dengar! Terasi yang mungkin selama ini hanya digunakan untuk membuat sambal atau digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata juga bisa digunakan untuk membuat burung perkutut rajin manggung dan berbunyi.

Manfaat terasi untuk perkutut ini adalah untuk meningkatkan gairah manggung dan membentuk suara kicauannya. Jika burung perkutut yang anda pelihara malas berkicau, cobalah untuk memberinya terasi.

Cara pemberian terasi untuk burung perkutut ini tidak perlu setiap hari dan cukup seminggu sekali saja. Caranya dengan membuat terasi menjadi berbentuk butiran kecil sebesar kacang hijau baru diberikan sebagai makanannya.

Selain dengan terasi, untuk menjernihkan suara burung perkutut juga perlu diberi daun saga. Cara pemberiannya hampir sama dengan terasi, yaitu cukup seminggu sekali dan dibuat menjadi butiran sebesar kacang hijau.

Baca juga :
Berikanlah terasi dan daun saga ini secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal, ketika burung perkutut sudah rajin berbunyi cobalah untuk mengurangi pemberian terasi dan daun saga secara bertahap.

Selain memberikan terasi dan daun saga kita juga perlu memberikan makanan harian yang bergizi seperti campuran jewawut, milet, dan biji godem atau bisa juga dengan campuran tumbukan beras merah, ketan hitam, dan jagung. Mandikan pula secara rutin dan jemur burung di pagi hari supaya burung tetap sehat dan terbebas dari kutu.

Itu tadi adalah manfaat terasi untuk perkutut yang perlu anda ketahui, semoga bisa menjadi solusi untuk burung perkutut peliharaan anda yang mungkin masih malas berbunyi dan kurang bergairah, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel